Monday 23 December 2013

sistem pengisian pada sepeda motor

Assalamualaikum wr.wb.
berhubung baru pulang dari bengkel kali ini saya akan share mengenai sepeda motor, yaitu tentang sistem pengisian. apa itu sistem pengisian? nanti saya akan menjelaskannya karena masih anget2nya ini ilmu keburu lupa kalo ga ditulis.. hehe
aki sepeda motor anda sering tekor? padahal masih baru? lha kalo masalah itu terjadi brarti kemungkinan besar sistem pengisian di motor anda bermasalah. dengan sistem pengisian yang baik, aki anda tentu tidak mudah tekor karena saat mesin berputar juga akan memutarkan dinamo yang seharusnya dapat menyuplai listrik kembali ke aki. jadi, aki itu sebenernya kerja beratnya cuma pas start motornya aja, habis itu dibantu dengan adanya sistem pengisian itu.
Komponen sistem pengisian di sepeda motor, pada dasarnya hanya ada 2 yaitu ;
1. Spul
Adalah sebuah gulungan yang terletak di dalam mangkok magnet. Gulungan dari kawat tembaga
ini akan menghasilkan listrik bila terpotong oleh garis gaya magnet. Spul untuk sepeda motor lama biasanya ada 2 macam. Spul pengapian dan spul lampu. Spul untuk pengapian ini adalah gulungan yang menghasilkan listrik untuk suplai ke sistem pengapian. Sedangkan untuk sepul lampu adalah gulungan yang menghasilkan listrik untuk suplai lampu dan juga untuk pengisian ke aki. Tapi pada sepeda motor baru
sekarang spul pada sepeda motor hanya ada 1. Satu spul ini sudah memenuhi kebutuhan untuk suplai listrik ke pengapian, lampu – lampu dan untuk sistem pengapian.
2. Kiprok
bisa disebut juga regulator. adalah komponen elektronika yang berguna mengatur aliran arus listrik ke lampu – lampu dan ke aki. Kelebihan arus listrik, akan dibuang ke aki. Sehingga lampu depan pada kendaraan tidak putus. Bila kiprok rusak, maka lampu depan akan
mudah putus. Sebab tidak ada pembatas listrik yang disuplai ke lampu – lampu. Kelebihan arus
listrik ini disebabkan karena putaran mesin yang naik lebih tinggi. Hal ini terjadi pada saat gas ditarik. Putaran mesin naik, yang berakibat
putaran mangkok magne pun naik. Listrik yang dihasilkan pun jadi semakin naik.
Untuk memahami sistem pengisian yang rusak ada bebarapa ciri, salah satunya sudah saya sebutkan di atas yaitu lampu depan mudah putus. Ciri lainnya adalah aki mudah tekor. Jika starter
dan klakson tidak bekerja dengan baik, disebabkan aki tekor. Maka tak salah lagi berarti aki tidak mendapat suplai listrik dari sistem pengisian. Bila aki sudah berumur 2 tahunan sih emang kemungkinan akinya yg rusak. Tapi bila aki masih baru, tapi tekor terus, berarti sistem pengisian yang tidak berjalan dengan baik.
Kerusakan untuk kasus ini, biasanya disebabkan sepul kelistrikan yang sudah rusak.
sekian.. semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment