Sunday 22 December 2013

mau nyampur pertamax dan premium?? baca dulu gan

Dua Pilihan Utama Kombinasi Premium dan Pertamax

Berdasarkan sifat-sifat premium dan pertamax, maka ada dua pilihan utama kombinasi, premium lebih banyak atau pertamax lebih banyak. Nanti, akan ada hasil tengah, yaitu pertamax seimbang dengan premium.
Pilihan 1: Pertamax lebih banyak
Pertamax akan teroksidasi lebih dahulu, menciptakan panas yang meningkatkan kemungkinan molekul premium menurun interaksi kovalennya. Ketika panas pembakaran cukup, semua molekul bahan bakar dan oksigen aktif, namun tentu saja keaktifan molekul premium lebih rentan atau lebih mudah terbakar daripada molekul pertamax. Karena jumlah molekul pertamax lebih banyak daripada molekul premium, ketika oksigen hendak mengoksidasi, lebih mungkin dia bertemu dengan molekul pertamax yang lebih sulit dibakar. Hasilnya, pembakaran dengan kombinasi ini mendekati pertamax dan pembakaran relatif sempurna.
tahun lalu
Pilihan 2: Premium lebih banyak
Jika ini terjadi, maka terjadi sebaliknya saat suhu pembakaran mencukupi. Molekul oksigen lebih mudah menemukan molekul yang mudah dibakar daripada yang sulit dibakar. Karena bertemu lebih banyak dengan molekul mudah terbakar, suhu naik demikian cepat, dan ini akan menjadikan molekul pertamax memperoleh suhu yang lebih dari suhu pembakaran normal.
Dapat dibayangkan, molekul yang bulat dan padat, diberikan suhu tinggi, akan terbakar dengan cepat. Karena semua molekul dalam suhu jauh di atas titik pembakaran akan meledak. Dan molekul padat dan bulat, tentu akan menghasilkan hasil pembakaran yang volumenya lebih besar daripada molekul berantai lurus. Maka terjadikan ledakan sebagaimana bom.
Ledakan ini volume ini dapat berpengaruh kepada ruang mesin. Jika ruang mesin sering diberikan ledakan volume demikian, katup-katup mesin mudah rusak.
Bagaimana Kesimpulannya?
Kita ingin kinerja mesin tinggi. Namun, tentu tidak menyenangkan jika mesin atau kendaraannya rusak. Kita akan lebih suka mesinnnya berumur lebih lama. Maka, berdasarkan penjelasan efek kombinasi pertamax dan premium, jika pertamax dan premium dicampur, sebaiknya porsi pertamax lebih dari porsi premium.
Lebih baik menggunakan premium saja daripada mencampur pertamax dan premium dengan porsi premium lebih dari pertamax.
Demikian, semoga bermanfaat artikel pencampuran pertamax dan premium ini.
Sumber:
http://layananinternet.com/article/bahasa-indonesia/kendaraan-bermotor/2012-04-02/efek-bahaya-pertamax-dicampur-premium.htm

1 comment: