Monday 31 March 2014

tips menambah terang lampu megapro primus dengan H4

selamat malam para pembaca

Para pengguna megapro primus mungkin ada yang merasa kalau lampu asli bawaannya kurang terang, seperti saya sendiri merasa seperti itu. apalagi kalau buat jalan malem terus ada mobil lawan arah pasti jengkel banget tuh (curhat). Nahhh, kali ini saya mau ngasih tips biar lampu megapro anda semua jadi terang abis deh. Tapi saya cuma ngasih tips - tipsnya aja ya, bukan instalasinya secara mendetail karena memang jujur saya kurang ahli dalam bidang kelistrikan motor. Jadi dalam pemasangannya pun saya masih bawa ke bengkel. hehe

Tips yang saya berikan ini biayanya ga terlalu mahal kok. Dibandingkan dengan memasang lampu HID yang bener - bener mahal dan memang ga cocok buat megapro primus (pengalaman pribadi), dan jika memaksakan pakai HID bisa juga sih tapi harus pake projie yang harganya juga sangat mahal buat mahasiswa perantauan kaya saya. hehe

Langsung aja ini dia tips - tips nya

ganti lampu bawaan dengan lampu H4 55/60W (lampu standard mobil). >> sekitar 22rb an (murah banget dibandingkan lampu standard 120rb an)

ini dia lampu yang bikin penerangan malam hari dijamin terang benderang. tapi coba perhatikan spesifikasi lampunya. Jelas berbeda kan dengan yang bawaan. Oleh karena itu, dibutuhkan penggantian part - part lain biar hasil bener - bener memuaskan , antara lain yaitu:


1. mengganti batok dan reflektor bawaan dengan batok dan reflektor H4. Kenapa harus ganti reflektor? ya tentu karena reflektor ini emang didesain untuk lampu H4 yang akan kita pakai. Dudukan lampunya pun memang sudah tinggal pasang tidak ada yang perlu dirubah lagi. selain itu juga bahan reflektornya memang harus terbuat dari kaca karena panas yang dihasilkan sangatlah tinggi (reflektor bawaan akan meleleh jika dipaksakan dan juga sinar yang dihasilkan belum tentu fokus)
harga reflektor 65rb an (merk depo) dan batoknya 100rb an. soal pemasangan saya yakin anda bisa memasangnya sendiri lah. tinggal ganti aja. paling cuma nambah baut - baut sedikit

2. menambah 2 relay lampu yaitu 1 untuk lampu dekat dan 1 untuk lampu jauh. penambahan relay ini hanya sebagai saklar otomatis yang sumbernya langsung diambil dari aki . Jadi, hasil sinarnya akan jauh lebih terang. harga 2 relay +- 30-40rban. untuk instalasi pemasangan relaynya silakan searching aja di google (uda banyak banget yang ngasih tutorialnya) :D

3. mengganti kiprok standard dengan kiprok punyanya Tiger. kiprok di sini harus diganti dikarenakan daya lampu yang digunakan (55/60 watt) jauh lebih besar dari pada lampu standardnya (35 watt). jika dipaksakan lama kelamaan aki akan tekor. menurut pengalaman saya, sebelum saya ganti kiprok saya coba cek tegangan pake avometer dan terlihat hasilnya pada saat mesin hidup dan lampu menyala, tegangannya terus turun, berarti proses pengisiannya ga seimbang karena pengeluaran aki lebih besar dari pada pengisiannya. Lha untuk mengatasi itu maka saya pilih kiprok tiger sebagai penggantinya karena kiprok tiger ini pengisiannya lebih cepat. setelah ganti kiprok saya coba tes lagi dan hasilnya tegangan tidak turun lagi, ( +- 13 Volt ) . itu dalam posisi lampu hidup dan mesin tentu saja hidup 
harga kiprok tiger merk fukuyama sekitar 80rb an dan tinggal pasang aja karena socketnya sama persis kok sama bawaannya

Sekian tips - tips dari saya bro.. semua tips - tips di atas sudah saya coba sendiri sampai sekarang dan saya puas sekali dengan hasilnya. Paling ga bisa diadu deh sama mobil. hehehe. 
Gimana? berminat ganti H4?

19 comments:

  1. Pakek kiprok tiger 2000/revo? Truz kiprok tiger ori brapa duit?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kiprok Tiger orisinil kisarang hatga 250-300 bos

      Delete
  2. kalo ori 200rb an kayanya om. pokoknya bilang aja kiprok tiger ori. kayanya sama kok setauku

    ReplyDelete
  3. liat tulisan labelnya aja om.

    ReplyDelete
  4. Mantabb..makasi infonya bro

    ReplyDelete
  5. sama - sama gan. salam satu hati :D

    ReplyDelete
  6. gan ane masih bingung buat rangkaian yg relay itu, ada rekomendasi tutorialny gan?

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. beli reflektor h4 sama lampu h4 nya di bengkel mobil apa motor

    ReplyDelete
  9. reflektor h4 dulu beli di tempat modif2an motor yg buat CB itu gan. rata2 pada tau kok yg model h4. kalau soal lampunya beli di toko aksesoris mobil aja. murah itu

    ReplyDelete
  10. Kalo kiprok tiger sama megapro itu beda ya gan ??

    ReplyDelete
  11. Om.. Kok saya pasang reflektornya gak muat di batoknya yah??

    ReplyDelete
  12. loh mp primus kan udah fullwafe knpa ganti kiprok tiger?

    ReplyDelete
  13. Kalok memakai H4 ukuran 100/90 apa harus di kasih relay om

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasih aja om biar aman akinya, soalnya daya yg dibutuhin lampunya sudah jauh lebih besar dari std

      Delete
  14. om kalau pek ukuran 55/60 aman gak mom klau gak pekek relay om

    ReplyDelete
  15. Om saya paki gl pro. Pakai h4 35watt kok putus lampu pendeknya

    ReplyDelete
  16. Kiprok masih orinya. Apa perlu ganti kiprok tiger

    ReplyDelete
  17. Bos aku pakek mega pro primus aki pendek
    Pasang lampu pesek h4
    Hasil nya gk fokus dan terangnya berbrda antara yg jauh sama yg dekatnya
    Lmpu yg dekatnya redup
    Lmpu jauhnya terang,,
    Mohon solusinya bos

    ReplyDelete