Tuesday 24 December 2013

penyebab gas motor susah kembali

Assalamualaikum.. selamat malam.
kali ini saya akan posting mengenai masalah yang saya hadapi sendiri sore tadi ketika perjalanan pulang kampung dari semarang ke purworejo yaitu gas yang ga mau kembali. sebenarnya tarikan gas di tangan uda kembali sih, cuma rpm mesin kok ga mau turun - turun. kan repot tuh. bahaya juga yang pastinya. tp untungnya motor saya pake kopling manual jadinya bisa ngendaliin dan akhirnya selamat sampai tujuan. hehe
setelah sampai di rumah, saya coba tanya - tanya. dan akhirnya saya dikasih ilmu yang bermanfaat juga dari bapak saya sendiri. hehehe. ternyata motor bapak saya dulu juga pernah gitu.
sebenernya permasalahannya bagini:
1. kabel gas kotor
coba cek kabel gas dengan melepas kabel gas dengan melepas yang di stang (sebelah kanan tentunya) dan yang di mangkuk skep. setelah itu bersihkan dengan bensin di celah kabelnya dan dinaik turunkan sampai bersih (harus tlaten). setelah itu beri oli / pelumas agar pergerakan kabel gas lancar.
2. baret pada mangkuk skep
mungkin juga terjadi lecet atau baret yang terjadi di mangkuk skep yang menyebabkan gerakan pegas terhambat. coba amplas mangkuk skep dengan amplas yang SANGAT HALUS
3. pegas sudah tidak normal.
sebenarnya sih sangat jarang terjadi kalau pakai onderdil asli tapi ini juga merupakan penyebab gas tidak kembali. ganti aja dengan yang baru. ga mahal kok.
selamat mencoba

No comments:

Post a Comment