Wednesday 12 February 2014

lapisi tangki motor dengan fiberglass agar lebih awet

tangki lebih awet dengan pelapisan resin + katalis
bahan yang kamu butuhkan:
resin
katalis
kuas
tiner

1. beli resin + katalis (paketan) 1kg +- 50rb rupiah
2. sekarang langsung saja proses pelapisannya yaitu sudah pasti dicopot dulu tangkinya. saya anggap kalian sudah bisa jadi tidak usah saya kasih tutorial. hehe
3. pelapisan pertama yaitu pada bagian luar tangki. campurkan 100 ml resin dan 2 tetes katalis. lalu aduk2 dulu. lalu ratakan dengan kuas ke seluruh permukaan tangki bagian bawah yang rawan kebocoran. (ingat: jangan sampai mengenai baut2 pada tangki). lakukan pelapisan 2 kali saja sudah cukup. jemur +- 1 hari di terik matahari. tapi jangan buru2 dipake ya
4. proses selanjutnya yaitu pelapisan dalam tangki. ini yang susah. bagian dalam tangki butuh sekitar 200ml resin. berhubung tangki motor saya ada bagian kanan dan kiri. maka saya bagi 2 yaitu kanan 100ml dan kiri 100 ml. campuran resin dan katalis dengan formula yang sama dengan pelapisan luar tadi dimasukkan ke salah satu bagian dulu misal kanan. setelah masuk semua goyangkan dan dengan feeling yang bagus ratakan ke semua bagian. setelah bagian kanan rata, ganti bagian kiri sampai agak keras.
catatan: campuran resin dan katalis akan sangat cepat mengeras sehingga kalau bisa pencampuran dilakukan sesaat sebelum pelapisan
oh iya lupa tiner tadi cuma digunain pas habis dipake buat ngelapisin tangki bagian luar, kuas dimasukkan ke tiner biar ga mengeras

berikut inifoto tangki motor saya (megapro 2009) saat dilapisi resin katalis

No comments:

Post a Comment