Buat para pengendara motor yang sering jalan jarak jauh dan juga sering kehujanan pasti mengalami yang namanya knalpot motor berkarat. Kenapa bisa berkarat? Penyebabnya bermacam - macam, di antaranya:
- Mesin terlalu panas. Hal ini bisa saja terjadi ketika kita bepergian jauh dan motor dipaksa hidup berjam - jam mengakibatkan suhu knalpot ikut naik bahkan menjadi sangat panas sehingga menyebabkan cat bawaannya terkelupas dan menyebabkan karat di kemudian hari.
- Berada di daerah dengan kadar garam tinggi. Kadar garam tinggi tentunya menjadi masalah utama yang menyebabkan karat pada knalpot. Disarankan juga memakai pelindung leher knalpot untuk anda yang tinggal di sekitar pantai.
- Motor kotor. Ini yang menjadi penyebab paling umum para pengendara motor yang menyebabkan knalpot menjadi berkarat. Motor kotor dibiarkan saja berhari - hari bahkan berminggu - minggu tentu menyebabkan bagian komponen motor menjadi sulit dibersihkan tak terkecuali di bagian knalpot sehingga menyebabkan karat pada knalpot.
Bagaimana cara mengatasi apabila sudah terjadi karat yang parah?
Meskipun knalpot bawaan pabrik itu sudah dilapisi dengan cat anti karat, tetap saja sebagian motor yang penggunaannya di luar batas kewajaran masih bisa juga terjadi perkaratan. Apalagi bagi anda yang sudah mengganti knalpot dengan knalpot variasi yang dalam pengecatannya terbilang asal - asalan. Sedikit curhat sekitar 3 bulan yang lalu saya membeli knalpot variasi dan tampaknya catnya hanya asal semprot. terbukti, baru 3 hari pemakaian dalam keadaan hujan, cat pada leher knalpot langsung mengelupas dan langsung terjadi karat yang sangat mengkhawatirkan. Hal itu tentu saja sangat mengganggu. Setelah itu saya cari - cari cara pengecatan ulang knalpot yang bisa dilakukan sendiri dengan biaya murah. Berikut ini caranya:
- Beli perlengkapan pengecatan: cat (saya menggunakan Penta Acrylic Aerosol Heat Resistance). cukup ditebus dengan 42 ribu. kemudian ampelas halus ukuran 800
- Copot knalpot motor anda. Tunggu sampai dingin.
- Ampelas sampai bersih bagian yang berkarat (sampai karatnya hilang). Saya ampelas dengan tambahan air agar mudah hilang karatnya.
- Bersihkan dengan air dan lap dengan kain sampai bersih. Tunggu sampai benar - benar kering.
- Lakukan pengecatan di tempat yang teduh (tinggal semprot) dengan ventilasi terbuka. jarak kurang lebih 25cm.
- Lakukan merata ke seluruh bagian, tunggu sampai kering.
- Lakukan pengecatan lapisan ke-2 dan ke-3. Saya melakukan pengecatan sampai 3 lapisan.
- Biarkan sampai kurang lebih 2 hari sampai knalpot benar - benar kering sebelum digunakan kembali.
Wah DIY yah min, saat ini sudah berapa lama knalpotnya? Apakah masih tahan oleh karat?
ReplyDeleteuda sekitar 3 bulanan bro, masih oke2 aja tanpa karat tuh :D . Di leher knalpot malah jadi warna putih soalnya sering buat jarak jauh
ReplyDeleteCat itu bisa di beli di mana ya gan..,?
DeletePesab di mana cat tahn panas nya bro.... ? Saya mau juga cat knalpot...
ReplyDeleteinfo yang cukup bagus
ReplyDeletekalo cat anti panas dipake ke body motor bisa ga ya??
ReplyDeletetrima kasih y gan
ReplyDeleteApakah web site ini di jual ????? kalo iya berikut saya sebagai pembeli Yusuf HP. 081 6 500 196 atau 081 653 9132
ReplyDeleteBagi yg berminat cat Anti Panas Hi Temperature, Samurai Paint. bisa hub WA 085311327976,
ReplyDelete089696068875
This comment has been removed by the author.
DeleteHarga brapa bro??
DeleteBeli catnya didaerah mna bro?? Ane mau coba juga...
ReplyDeletedaerah kediri jatim ada nggak resellernya bos..
ReplyDeleteSampai sekarang catnya masih bagus bro?
ReplyDeleteCatnya warna hitam atau clear nih?
ReplyDeleteCatnya warna hitam atau clear nih?
ReplyDeletengecat nya di dasarin warna putih dulu ga
ReplyDeleteterus cat warna hitam nya pake brp vilok, apa cuma satu vilok dwnk
wahhh keren thor, boleh nih di coba. cat nya beli dimana ya kira"?
ReplyDeleteBos pengen order buat toko, gimana cara x?
ReplyDeleteIni posisi di Pacitan jatim